Kamis, 07 Agustus 2014

Backpacking Murah ke Singapura (Marina Bay)

Ke Singapura tidak harus mahal. Apalagi jika tujuan utamanya adalah memotret. Selama membawa kamera, jepret, edit di rumah,  tidak ada biaya ekstra yang harus dieluarkan. Bahkan untuk memotret di Singapura, banyak objek menarik di Singapura yang bisa difoto dengan bebas tanpa mengeluarkan uang sepeserpun. Berikut caranya memotret Marina Bay di Singapura dengan biaya super murah.

Tiket harus dipesan jauh-jauh hari. Tiket Air Asia yang dipesan sebulan sebelum nya bisa sekitar 300.000 rupiah. Bahkan banyak tiket promo dengan harga sekitar seratus ribu. Lebih murah daripada dari Jakarta ke Sumatra atau Kalimantan.

Penginapan juga sebaiknya mencari yang termurah. Kita tidak ke Singapura untuk bersantai di hotel. Ada tiga alternatif untuk penginapan murah di Singapura. Pertama, cari hotel daerah Geylang. Hotel di sini murah-murah, namun lokasi nya di daerah postitusi. Tidak masalah, saya banyak menjumpai turis mancanegara di hotel ini. Kamar hotel di sini sekitar SGD 80-100 , merupakan daerah hotel termurah di Singapura. Kamar bisa diisi 2 orang. Masalah nya tidak ada stasiun MRT di dekat sini, yang terdekat adalah stasiun Kallang. Anda akan sering bepergian naik bis umum bila menginap di daerah sini.

Pilihan kedua adalah hostel di daerah China Town. Lokasi nya strategis, dekat stasiun MRT China Town. Masalah nya di hostel ini adalah tidak ada privacy. 1 kamar diisi beberapa orang, dicampur dengan tamu lain. Harga nya dihitung per orang, sekitar SGD 30-50. Semakin besar kamar nya, makin murah dan makin banyak orang yang menginap di sana. Pilihan ini cocok bila anda bepergian dalam rombongan 4-6 orang. Langsung saja booking kamar dengan ukuran segitu, jadi 1 kamar isinya rombongan kita semua.

Pilihan ketiga mirip dengan pilihan kedua, yaitu hostel di daerah Little India. Stasiun MRT terdekat adalah Little India atau Farrer Park (bersebelahan). Sistem nya mirip dengan hostel di China Town, namun di sini sedikit lebih murah dan menurut saya kurang nyaman. Tidak disarankan kecuali anda benar-benar ingin menghemat biaya. Saran saya adalah pilihan kedua (hostel sekitar China Town) bila anda bepergian sendirian, karena kamar hotel bisa diisi berdua dan biaya dibagi dua. Bila berdua dan tidak ada masalah berdekatan dengan tempat prostitusi, sebaiknya ambil pilihan pertama (hotel sekitar Geylang).

Unuk menuju spot pemotretan di Marina Bay, gunakan MRT ke Bayfront atau Marina Bay. Terdapat banyak icon Singapura yang menarik untuk difoto di sekitar sini, diantaranya adalah The Sands, Helix, dan Singapore Science Museum.



Sebaiknya datang saat menjelang malam. Setelah gelap, setiap jam dari The Sands ada pertunjukan Laser yang menarik. Untuk menikmati pertunjukan laser ini, spot terbaik adalah agak jauh dari The Sands. Saya mengambil foto ini dari sekitar Raffles.



The Sands adalah Casino yang menarik, bentuk nya seperti kapal di atas 3 gedung yang tinggi. Gedung tersebut sangat tinggi, namun bukan berarti kita tidak bisa memotretnya dengan high angle. Untuk memotret The Sands dari High Angle, cari gedung yang lebih tinggi dari The Sands. Misal nya dari cafe Altitude di One Raffles Place Building . Dari sini bisa memotret The Sands beserta danau di depan nya.



Sesuatu yang harus dilakukan di sekitar sini adalah berjalan sepanjang Helix. Helix adalah jembatan pejalan kaki terpanjang yang sangan menarik di saat malam karena Helix tersebut diklilingi oleh lampu-lampu kecil dengan bentuk unik. Lama perjalanan dari ujung ke ujung sekitar 10-15 menit, tentu lebih lama bila foto-foto dulu.



Tempat menarik lagi di sekitar Marina Bay adalah Garden by the Bay. Garden by the Bay adalah kebun di dalam ruangan yang sangat besar dan berbentuk futuristik. Terdapan jembatan penghubung dari The Sands lantai 4 menuju Garden by the Bay.



Dari jembaan tersebut, bisa melihat Singapore Flyer yang merupakan bianglala terbesar di Singapore. Tempat ini tidak begitu menarik dari dekat, namun dari jauh justru terlihat bagus. Apalagi dengan refleksi air di bawah nya.



Berhubung tempat-tempat di atas bentuk nya besar-besar dan tidak terlalu jauh, tantangan fotografer adalah untuk memasukkan beberapa icon Singapore ke dalam 1 frame.






4 komentar:

  1. ajib chrizz juara banget lo ambil angle nya :D
    btw kalo ke altitude cafe itu charge nya sesuai menu yang di pilih aja ya ?

    BalasHapus
  2. Masuk bayar $30 dah dapat welcome drink. Bisa pilih Singapore Sling dan apa lagi gitu.

    BalasHapus