Jumat, 23 Mei 2014

Teknik Mengganti Background

Bingung ketika tidak ada background yang tepat? Hal ini yang saya rasakan ketika melakukan pemotretan Samurai X, di mana background yang tepat adalah suasana alam. Sedangkan pemotretan dilakukan malam hari di Taman Menteng, di mana tanaman yang ada sudah tertata rapi dan sulit untuk mendapatkan kesan di alam. Maka terpaksa hal yang dilakukan adalah mengganti background ke tempat lain.

Yang pertama harus dilakukan pada saat sudah memikirkan bahwa akan mengganti background, cari background polos. Warna sebaiknya kontras dengan warna model. Misal nya bila model nya menggunakan baju berwarna merah, jangan pilih background merah. Karena pemotretan tidak dilakukan di studio, yang paling mudah adalah dengan memanfaatkan tembok putih yang ada di Taman Menteng. Background polos akan sangat mempermudah proses selection.

Hal berikutnya adalah memikirkan arah cahaya. Bila sumber cahaya di background datang dari kanan, sumber cahaya ke model juga harus datang dari kanan. Di sini saya menggunakan satu flash dengan payung putih, dibantu seorang asisten. Bila ada arah cahaya yang terbalik, foto bisa disesuaikan di photoshop: Edit > Transform > Flip Horizontal.




Selanjutnya, perhatikan juga warna. Bila background memiliki saturasi tinggi, model juga harus memiliki saturasi tinggi. Kadang background yang diinginkan memiliki warna yang tidak cocok dengan model. Untuk masalah seperti itu, sekalian saja jadikan gambar hitam putih.




Untuk mempermanis, background tidak harus dari satu foto. Bisa ditambahkan objek lain  untuk menambah kesan dramatis. Misalnya bulan purnama yang sudah diperbesar.




Sebagai tambahan, untuk menghindari masalah di kemudian hari, pastikan background difoto sendiri. Bukan diambil dari internet. Semua background yang saya gunakan adalah hasil foto saya di daerah Dieng. Bila terpaksa menggunakan gambar dari internet, periksa dulu apakah gambar tersebut bebas digunakan. Kadang ada hak cipta yang melarang penggunaan gambar tersebut. Terlebih lagi, apa asik nya foto bagus yang mencomot foto orang lain walaupun hanya untuk background. Karena itu, rajin-rajin lah mengkoleksi stok foto. Foto-foto lama jangan dihapus, siapa tahu di kemudian hari bisa jadi background yang menarik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar