Sabtu, 18 Januari 2014

Photo Session Yukata

Yukata adalah pakaian tradisional Jepang, sejenis kimono namun tidak terlalu formal seperti kimono. Kimono dikenakan untuk acara formal seperti pesta, sedangkan yukata lebih untuk acara santai, biasanya untuk melihat perayaan kembang api (Hanabi). Karena tidak terlalu formal seperti kimono, Yukata kadang memiliki motif tidak umum. Misal nya motif hello kitty, pokemon, atau  buah-buahan.



Di Indonesia, Yukata sering dilihat oleh pelayan restoran Jepang atau saat acara Matsuri (festival musim panas Jepang).  Kedutaan Jepang sering mengadakan festival Jepang, biasanya lokasi nya di Monas.



Yukata untuk wanita memiliki panjang yang bisa diatur dengan cara melipatnya di bagian pinggang (ohashori). Tetapi bagi yang berbadan sangat tinggi, yukata dapat dikenakan tanpa ohashori.



Menurut arti bahasanya, Yukata adalah pakaian sesudah mandi.Karena itu Yukata dibuat dari bahan kain katun tipis tanpa pelapis. Dibuat dari kain yang mudah dilewati angin, yukata dipakai agar badan menjadi sejuk di sore hari atau sesudah mandi malam berendam dengan air panas. Kenyataannya, Yukata sering dijumpai secara umum tanpa ada hubungannya dengan mandi.



Mengenai harga, Yukata jauh lebih murah dari Kimono yang harganya bisa mencapai jutaan rupiah. Yukata lebih umum, dan lebih banyak dijual di toko. Bahkan banyak tempat di Indonesia yang bisa membuat Yukata.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar