Jumat, 29 Maret 2013

Captain America and Light Painting



Kali ini kita akan mencoba menggabungkan cosplay dan Light Painting, yaitu menggunakan Captain America sebagai model, ditamahkan dengan efek Light Painting. Untuk memerankan Captain America, diperlukan model dengan otot yang besar. Binaragawan cocok untuk memerankan Captain America.




Untuk melakukan Light Painting, diperlukan kondisi yang gelap. Maka dipilih lapangan parkir timur Senayan pada tengah malam untuk lokasi. Percobaan pertama dilakukan dengan speed 30 detik. Laight Painter bekerja mengunakan Stick Light sambil menghitung waktu, flash ditembak tepat kira-kira sebelum detik ke 30.



Setelah beberapa kali percobaan, metode 30 detik ini terasa kurang efisien. Beberapa kali flash ditembak terlambat, jadi Captain America nya jadi siluet. Ada juga yang Light Painter nya terlambat menjauh, jadi badan dia masuk ke frame. Maka digunakan metode lain, yaitu menggunakan Bulb. Perlu wireless shutter untuk bulb, dikhawatirkan kamera sedikit goyang bila melakukan bulb tanpa wireless shutter. Dirasakan cara ini jauh lebih baik, tinggal tekan lagi tombol shutter begitu flash ditembak. Tidak perlu sibuk menghitung waktu 30 detik, Light Painter bisa bekerja lebih nyaman.



Setelah puas dengan Capain America, dicoba konsep lain. Menggabungkan model dengan Captain America. Dengan konsep Captain America melindungi seorang wanita. Light Painter membuat efek di sekitar tameng Captain America seperti seolah-olah baru menangkis serangan lawan.



Dari hasil ini, masih banyak yang dirasakan kurang. 1 buah flash untuk Laight Painting dirasakan kurang, terutama bila ada lebih dari 1 model. Dapat dilihat bahwa rambut Captain America yang berwarna hitam (sayang Captain America nya tidak menggunakan topeng) menjadi tersamar dengan background hitam. Kekurangan kedua adalah tempat yang masih kurang gelap. Tampak cahaya jalanan di kejauhan masih kelihatan. Saat dilihat mata, tampak sudah cukup gelap. Namun shutter speet 30 detik membuat sedikit saja cahaya menjadi kelihatan lebih banyak. Sepertinya lebih bagus menggunakan tembok beberapa meter di belakang model untuk background.

1 komentar: